Senin, 19 Maret 2012

Jika Facebook Menjadi Sebuah Negara


Coba bayangkan, apa jadinya kalau Facebook menjadi negara? Maka pendiri Mark Zuckerberg tentu akan menjadi manusia "setengah dewa", karena menguasai negara terbesar ketiga dunia. Rakyatnya adalah penghuni Facebook yang jumlahnya sekitar empat kali penduduk di Indonesia.
Saat ini jumlah "penduduk aktif" facebook mencapai 800 juta orang. Agensi pemasaran iCrossing memprediksi Facebook bakal menembus angka 1 miliar pengguna pada pertengahan tahun 2012.

Saat ini, negara dengan jumlah penduduk terbanyak adalah Cina, yakni sekitar 1,3 miliar penduduk dan India 1,07 miliar jiwa dan Amerika Serikat 293 juta jiwa. Indonesia berada di urutan keempat negara dengan jumlah penduduk terbesar, yakni 241 juta jiwa. Mudah saja Facebook melewati angka statistik negara dengan jumlah penduduk terbesar tersebut.

Darimana dalil iCrossing memperkirakan ledakan penduduk facebook tersebut? "Dengan menggunakan fungsi regresi linear dari data sejak 2008, kami meyakini Facebook akan mencapai angka satu miliar pada Agustus 2012," tulis agensi itu dalam situs iCrossing.

Pada 2006 hingga 2008, Facebook mengalami pertumbuhan pesat. Namun belakangan ini pertumbuhannya cenderung melambat. Di negara yang lebih dahulu mengadopsi jejaring sosial ini seperti Amerika atau Inggris, pertumbuhan Facebook dapat dikatakan melambat bahkan berhenti.

Sebaliknya, di negara berkembang seperti Indonesia, India dan Brasil, Facebook menguasai tujuan pengguna Internet. Dari data CheckFacebook penduduk maya masih dikuasai Amerika Serikat 157.418.920. Hebatnya, Indonesia bertengger di posisi kedua dengan jumlah pemilik Facebook 41.777.240. Selanjutnya India 41.399.720, Brazi 35.157.560 dan Mexico 30.989.300

Dengan pesatnya penghuni Facebook bisa jadi kerajaan Zuckerberg ini akan menjadi negara terbesar ketiga di dunia. Bukan tak mungkin, tahun depan akan menjadi "negara" terbesar. Mungkin yang akan menjadi saingan adalah twitter. bagaimana tidak, akun Lady Gaga, Justin Bieber and Britney Spears sudah melebihi penduduk Korea Utara, Australia, Cile, Israel, Swedia, serta Yunani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda

COPYRIGHT MUSRIADI (LANANG PENING)